WEB PSIKOLOGI & PENDIDIKAN


MENGUPAS TUNTAS KEILMUAN PSIKOLOGI DAN KEPENDIDIKAN
Konsep Filsafat Belajar Menurut Plato

Plato adalah murid Socrates, yang menuliskan pandangan-pandangan sebagai seorang filosof. Sejak esekusi Socrates, Plato pergi ke Italia Selatan dan terpengaruh faham Pitagoras. Menurut hukum pitagoras, universum ini diatur oleh hukum-hukum numerik (kombinasi angka) dan dipengaruhi dunia fisik. Kenyataan abstrak merupakan kenyataan independent dan merupakan sesuatu yang bisa mempengaruhi obyek-obyek fisik, sehingga kejadian-kejadian fisik merupakan manifestasi dari kejadian-kejadian abstrak.

Kejadian-kejadian abstrak merupakan kenyataan idenpendet dan mempengaruhi kenyataan-kenyataan yang ada. Menurut Plato, setiap obyek dalam dunia fisik mempunyai hubungan dengan idea abstrak atau Form (bentuk) yang menyebabkannnya sehingga kalau kita berusaha mendapatkan ilmu pengetahuan melalui pengujian suatu benda dimana pengalaman kita menembus/melewati akal maka kita akan tersesat/salah menempatkannya. Dengan demikian informasi sensoris hanya sekedar melengkapi opini, sedangkan idea yang abstrak adalah satu-satunya cara mencapai ilmu pengetahuan yang benar. Lalu bagaimana kita bisa memperoleh informasi dari idea abstrak itu, karena kita mengetahui ide-ide itu lewat akal? Jawabnya yaitu kita harus melalui Mind Eye (mata hati), namun setelah dikejar ahkirnya Plato menjadi bingung dan mengemukakan pendapat yang sifatnya mistik, yaitu:

Semua manusia itu mempunyai jiwa. Sebelum jiwa itu menyatu dengan badan pada kelahiran seseorang, jiwa itu sudah mempunyai tempat tersendiri, masih suci bersih dilengkapi dengan pengetahuan yang lengkap.

Setelah jiwa menyatu dengan jasmani, pengetahuan tersebut terkontaminasi (rancu) dengan alat sensoris, sehingga nantinya ada kesesatan.


Komentar :

Nama :
E-mail :
Web :
Komentar :
Masukkan kode pada gambar


    [Emoticon]

Pengumuman PPMB

Artikel Popular

  • Silabus dan RPP Bimbingan Konseling berkarakter
    27-01-2012 18:06:47  (1088)
  • Buku Pribadi Siswa untuk BK
    21-02-2012 23:13:55  (356)
  • Seminar Internasional IBKS Gratis di Surabaya 2 dan 3 Mei 2015
    26-04-2015 18:21:18  (310)
  • Pembuatan Alat Peraga Bimbingan Konseling
    14-03-2012 09:09:01  (276)
  • Tes Karakter Orang
    18-02-2012 04:20:47  (267)

Pengunjung

    3296430

PENCARIAN ARTIKEL


SILAKAN KETIK KATA KUNCI DIBAWAH INI

SELAMAT DATANG

Website ini dipersiapkan sebagai wadah saling berbagi keilmuan dan media pembelajaran dari berbagai sudut pandang Psikologi, Manajemen Sekolah, Perkembangan Dunia Pendidikan, Agama, Sosial, Budaya, dan Politik di Indonesia. Untuk Pengembangan website lebih lanjut sangat diharapkan masukan, kritikan dan saran yang sifatnya membangun dari pengunjung tercinta. Semoga artikel yang ada di dalam website dapat bermanfaat untuk kita semua, amin.

Motto Hidup

Torehkan Prasasti Hidup Dalam Wujud Keilmuan

Blog Guru Indonesia

Bookmark and Share

HUBUNGI PENULIS

Bagi pengunjung yang mencari informasi lebih jauh terkait artikel di website ini silakan hubungi kami di 081913042100 atau email ndorodemang@kemenag.go.id Trima Kasih.

Hadir di Facebook

Link Partner