WEB PSIKOLOGI & PENDIDIKAN


MENGUPAS TUNTAS KEILMUAN PSIKOLOGI DAN KEPENDIDIKAN
Proposal Pelatihan Konselor Sebaya

PROGRAM PELATIHAN KONSELOR SEBAYA

 

 

A.       Latar Belakang Masalah

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terjadi begitu pesat sehingga menimbulkan banyak perubahan yang besar dalam berbagai aspek kehidupan manusia dengan kompleksitas yang kian meninggi. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bukan hanya berdampak pada kemudahan akses pemenuhan kebutuhan hidup manusia, namun juga membawa dampak pergeseran tata nilai budaya masyarakat. Informasi menyebar sangat cepat, organisasi birokratis bergeser ke organisasi jaringan (network organization) yang beroperasi melampaui batas negara dan kawasan. Pada sisi lain, perubahan tersebut mempengaruhi dan mengubah berbbagai macam aturan pranata yang sudah ada, cara-cara pekerjaan yang seharusnya dilakukan, ketrampilan, keahlian yang dibutuhkan, tatanan teritorial kenegaraan, hubungan antar bangsa, antar wilayah dan pola interaksi antar manusia.

Dewasa ini dunia pendidikan juga mengalami lompatan kemajuan yang luar biasa pesatnya, hal itu dibuktikan dengan banyaknya paradigma baru dalam pendidikan, mulai dari konstruktivieme, quantum teaching, quantum learning, kooperativ learning, konstekstual teaching and learning, pembelajaran autentik, pakem dan masih banyak lagi deretan revolusi pembelajaran yang memberikan warna dan semangat baru terhadap dunia pendidikan.

Sejalan dengan kemajuan tersebut di atas, maka perlu adanya pengembangan kualitas layanan pendidikan di sekolah. Sejauh ini pendidikan kita masih didominasi oleh pandangan bahwa pengetahuannya sebagai perangkat fakta-fakta yang harus dihafal. Kelas masih berfokus kepada Konselor sebagai sumber utama pengetahuan, kemudian ceramah menjadi pilihan utama metode pembelajaran. Untuk itu  diperlukan strategi dan metode belajar baru yang lebih memberdayakan konseli, yakni sebuah metode belajar yang mendorong konseli untuk lebih dinamis, aktif, dan kreatif dalam menemukan, menyusun dan mengkomunikan hasil belajarnya.  Dengan model pembelajaran ini konseli akan berada pada proses penerapan antara konsep dan realitas yang ada, sehingga konseli dengan mudah dapat mengingat konsep yang diperoleh untuk kemudian diterapkan.

Paradigma baru dalam belajar di samping konseli menemukan sendiri pengetahuannya dan menyusunnya kembali, terdapat satu hal yang menarik bahwa keberhasilan belajar bukan sebagai hasil kerja individu melainkan hasil kerjasama dalam satu komunitas belajar (kooperatif) sehingga memungkinkan terjadinya interaksi saling menguntungkan antar subyek belajar. Pola pembelajaran kooperatif ini akan lebih efektif jika masing-masing kelompok individu belajar ditempatkan sebagai subyek yang punya keahlian sesuai dengan potensinya, sehingga peran, kontribusi dan partisipasi belajarnya dalam kelompok akan semakin meningkat.

 

  1. B.        Tujuan Pelatihan
    1. Melatih siswa agar dapat membimbing peserta didik lainnya dalam rangka pengentasan masalah yang dihadapi teman sebayanya
    2. Melatih jiwa social yang ada dalam diri peserta didik

 

C.       Manfaat Pelatihan

 

Bagi Sekolah 

Memberikan informasi tentang kemampuan Konselor dalam  memfariasikan bentuk pelayanan pembelajaran kepada konseli.  Memberikan informasi tentang profil Konselor dan profil konseli  dalam belajar. Memperoleh metode pembelajaran yang memiliki  keberpihak an kepada konseli secara lebih dominan dibanding metode belajar yang lain.

Bagi Konselor

Memberikan informasi kepada Konselor mengenai situasi  perkembangan peserta didik. Sebagai bahan evaluasi bagi Konselor dalam usahanya untuk meningkatkan keberhasilan  dalam Proses  Bimbingan dan Konseling. Memberikan informasi kepada Konselor mengenai kesiapan dan daya kritis serta keberhasilan belajar konseli.

Bagi Konseli

Sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar konseli dalam berinteraksi sosial.  Sebagai upaya untuk meningkatkan kecerdasan dan  kemampuan berfikir yang kompleks. Sebagai umpan balik terhadap kemajuan belajar konseli.

D.    WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

Pada tanggal  : Senin, 15 Oktober 2012

Pukul              : 07.00 hingga selesai

Tempat           : Aula MTsN Rungkut Surabaya

 

E.     URAIAN KEGIATAN

(terlampir)

 

KRITERIA PESERTA PELATIHAN

1. Siswa kelas 7 atau 8 MTsN Rungkut dan belum pernah mendapatkan pelatihan konselor sebaya (masing-masing kelas 10 orang)

2. Berprestasi sekolah

3. Berbadan sehat.

4. Berwatak pemimpin dan bertanggung jawab.

5. Berpenampilan dan berperilaku bersih.

6. Berbudi pekerti baik, berjiwa sosial dan suka menolong.

7. Mendapatkan izin orang tua

 

G.    EVALUASI DAN TINDAK LANJUT PELATIHAN

 

Diharapkan siswa setelah melaksanakan pelatihan dapat menjalankan tugasnya sebagai konselor sebaya Rungkut antara lain :

1. Menggerakkan dan membimbing teman melaksanakan.

a. Kedisiplinan

b. prestasi belajar

c. menciptakan rasa aman dan nyaman dalam lingkungan sekolah

2. Membantu konselor di sekolah , antara lain :

a. sebagai teman curhat teman sebayannya

b. sebagai motivator semangat belajar siswa yang lain

c. Melaporkan hal-hal khusus yang ditemuinya kepada guru BK

H. SUMBER DANA


Komentar :

No Komen : 3
novalitaalfiani :: 17-03-2018 16:50:44
Mohon izinnya untuk ngopi buat tugas kuliah
 
No Komen : 2
:: 21-03-2017 13:59:19
 
No Komen : 1
mustika :: 21-09-2016 19:38:10
ijin untuk copy and paste ya, lagi butuh untuk tugas proposal dengan tema sosial. terimakasih
 
Nama :
E-mail :
Web :
Komentar :
Masukkan kode pada gambar


    [Emoticon]

Pengumuman PPMB

Artikel Popular

  • Silabus dan RPP Bimbingan Konseling berkarakter
    27-01-2012 18:06:47  (1088)
  • Buku Pribadi Siswa untuk BK
    21-02-2012 23:13:55  (356)
  • Seminar Internasional IBKS Gratis di Surabaya 2 dan 3 Mei 2015
    26-04-2015 18:21:18  (310)
  • Pembuatan Alat Peraga Bimbingan Konseling
    14-03-2012 09:09:01  (276)
  • Tes Karakter Orang
    18-02-2012 04:20:47  (267)

Pengunjung

    3277442

PENCARIAN ARTIKEL


SILAKAN KETIK KATA KUNCI DIBAWAH INI

SELAMAT DATANG

Website ini dipersiapkan sebagai wadah saling berbagi keilmuan dan media pembelajaran dari berbagai sudut pandang Psikologi, Manajemen Sekolah, Perkembangan Dunia Pendidikan, Agama, Sosial, Budaya, dan Politik di Indonesia. Untuk Pengembangan website lebih lanjut sangat diharapkan masukan, kritikan dan saran yang sifatnya membangun dari pengunjung tercinta. Semoga artikel yang ada di dalam website dapat bermanfaat untuk kita semua, amin.

Motto Hidup

Torehkan Prasasti Hidup Dalam Wujud Keilmuan

Blog Guru Indonesia

Bookmark and Share

HUBUNGI PENULIS

Bagi pengunjung yang mencari informasi lebih jauh terkait artikel di website ini silakan hubungi kami di 081913042100 atau email ndorodemang@kemenag.go.id Trima Kasih.

Hadir di Facebook

Link Partner