WEB PSIKOLOGI & PENDIDIKAN


MENGUPAS TUNTAS KEILMUAN PSIKOLOGI DAN KEPENDIDIKAN
Keterkaitan antara istilah bimbingan dan istilah konseling

Persamaan antara konsep bimbingan dan konsep konseling dapat dilihat dari tujuan yang hendak dicapai, yakni mendorong terjadinya perkembangan yang optimal bagi setiap peserta didik. Keduanya juga dapat memusatkan perhatian pada pengembangan kemampuan akademik, pengembangan pribadi, pengembangan relasi sosial, dan pengembangan karir. Dalam prakteknya, khususnya di sekolah, bimbingan dan konseling diperlakukan sebagai dua metode atau pendekatan yang saling melengkapi dan hampir tak bisa dipisahkan. Beberapa ahli menyatakan bahwa konseling merupakan inti dari kegiatan bimbingan. Itulah mengapa banyak ditemukan literatur-literatur dengan judul “Bimbingan dan Konseling” (dalam literatur berbahasa Indonesia) atau Guidance and Counseling (dalam literatur berbahasa Inggris).

Belakangan ini terdapat wacana lain berkenaan dengan penggunaan kedua istilah tersebut. Dalam praktek bimbingan dan konseling di Indonesia, tepatnya sejak diberlakukannya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), hanya digunakan istilah konseling (bukan bimbingan dan konseling) untuk menyebut berbagai kegiatan bimbingan dan konseling berkenaan dengan pengembangan pribadi peserta didik. Demikian pula dalam Model Pengembangan Diri yang dikeluarkan oleh pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas (2007) juga hanya menyebut kata konseling untuk menunjuk serangkaian kegiatan bimbingan dan konseling. Meskipun demikian, tampaknya tidak semua pihak setuju untuk menggunakan kata konseling guna menggantikan istilah bimbingan dan konseling. Menurut  Prof. Dr. Sunaryo Kartadinata, Ketua Umum Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKIN) saat ini, penggunaan kata konseling dirasa kurang tepat karena lebih condong  psikologi dan bukan pedagogi (pendidikan). Menurutnya, bimbingan dan konseling di sekolah seharusnya lebih bersifat pedagogi meskipun menerapkan teori-teori psikologi dalam program intervensinya.

Meskipun kegiatan bimbingan dan konseling merupakan satu kesatuan, keduanya memiliki beberapa perbedaan. Perbedaan itu terletak pada prosedur yang digunakan dan tenaga yang melaksanakannya. Dilihat dari prosedur yang digunakan, bimbingan dapat diberikan melalui layanan informasi dan orientasi, layanan penempatan dan penyaluran, layanan bimbingan kelompok, dan layanan konsultasi; sedangkan konseling menggunakan berbagai pendekatan konseling. (jika penggunaan istilah konseling untuk menggantikan istilah bimbingan dan konseling disetujui, maka tentunya tidak ada perbedaan menyangkut prosedur yang digunakan karena layanan  informasi, layanan penempatan, layanan konsultasi dapat menjadi bagian dari kegiatan konseling). Dilihat dari tenaga yang melaksanakannya, bimbingan dapat dilaksanakan oleh guru, wali kelas, orang tua, dan kepala sekolah; sedangkan konseling hanya boleh dilaksanakan oleh tenaga yang telah terlatih dalam pemberian layanan konseling, yakni konselor. Untuk memberikan wawasan yang lebih luas berikut ini akan diberikan contoh definisi tentang bimbingan dan konseling

 

sumber : Buku Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar

              Drs. Moh Nursalim, MSi dan Drs. Eko Darminto, MSi 

Untuk informasi artikel lebih lengkap dapat melihat buku, dan dapatkannya di Kampus PPB UNESA (ada sebagian artikel yang tidak di muat dalam blog)


Komentar :

Nama :
E-mail :
Web :
Komentar :
Masukkan kode pada gambar


    [Emoticon]

Pengumuman PPMB

Artikel Popular

  • Silabus dan RPP Bimbingan Konseling berkarakter
    27-01-2012 18:06:47  (777)
  • Buku Pribadi Siswa untuk BK
    21-02-2012 23:13:55  (320)
  • Pembuatan Alat Peraga Bimbingan Konseling
    14-03-2012 09:09:01  (223)
  • Tes Karakter Orang
    18-02-2012 04:20:47  (217)
  • Saatnya Mengukur Sendiri Tingkat IQ Anda
    12-02-2012 12:43:11  (210)

Pengunjung

    1390997

PENCARIAN ARTIKEL


SILAKAN KETIK KATA KUNCI DIBAWAH INI

SELAMAT DATANG

Website ini dipersiapkan sebagai wadah saling berbagi keilmuan dan media pembelajaran dari berbagai sudut pandang Psikologi, Manajemen Sekolah, Perkembangan Dunia Pendidikan, Agama, Sosial, Budaya, dan Politik di Indonesia. Untuk Pengembangan website lebih lanjut sangat diharapkan masukan, kritikan dan saran yang sifatnya membangun dari pengunjung tercinta. Semoga artikel yang ada di dalam website dapat bermanfaat untuk kita semua, amin.

Motto Hidup

Torehkan Prasasti Hidup Dalam Wujud Keilmuan

Blog Guru Indonesia

Bookmark and Share

HUBUNGI PENULIS

Bagi pengunjung yang mencari informasi lebih jauh terkait artikel di website ini silakan hubungi kami di 081913042100 atau email ndorodemang@kemenag.go.id Trima Kasih.

Hadir di Facebook

Link Partner