WEB KAJIAN PSIKOLOGI DAN PENDIDIKAN


MENGUPAS TUNTAS KEILMUAN PSIKOLOGI
Peran Gender

Peran jenis kelamin laki-laki mempunyai ciri-ciri yaitu : mendominan segala sesuatu seperti terlihat dari perilaku agresif dan asertif, kepuasan diri hanya lewat prestasi sendiri, pengalaman emosi pada setiap saat untuk menunjukkan kekuatan, orientasi pada diri sendiri, mempertimbangkan diri pertama-tama dalam segala situasi, karena superior, mengharapkan dilayani wanita, sebagai pencari nafkah dan mengambil semua keputusan (Hurlock, 1993).

Peran jenis kelamin perempuan mempunyai ciri-ciri yaitu : patuh dalam segala situasi, seperti terlihat dari kesediaan menuruti keinginan laki-laki dan melayaninya, mengekspresikan emosi, jadi member kehangatan dalam hubungan social di rumah dan di luar, berorientasi ke orang lain mempertimbangkan yang lain sebelum dirinya, peran utama adalah mengatur rumah tangga dan mengasuh anak, membiarkan laki-laki mengambil semua keputusan (Hurlock, 1993).

            Menurut Williams dan Best (dalam Berry, dkk, 1996) ciri-ciri yang dikaitkan dengan laki-laki, diantaranya : agresif, aktif, ambisius, angkuh, berdaya cipta, berpikiran jernih, berprakarsa, bersungguh-sungguh, bijaksana, cerdik, logis, rasional, tegas, penuntut. Sedangkan ciri-ciri yang dikaitkan dengan perempuan, diantaranya : anggun, berkemauan lemah, emosional, lemah, peka, pencemas, penakut, tergantung, tunduk, hangat, lembut, menyenangkan.

Penelitian yang dilakukan Rosenberg, 1974; Crowne & Marlowe, 1964 (dalam Astra & Sing, 2000)         menjelaskan pengaruh self esteem yang tinggi pada kemampuan individu    cenderung mengembangkan perilaku percaya diri dan dapat  menyelesaikan permasalahan dengan baik. Maka paling tidak individu ini diharapkan mampu meminimalkan rasa takut atau cemas apakah dapat berprestasi atau tidak. Ketakutan dan kecemasan merupakan indikasi adanya tingkat self esteem yang rendah pada seseorang. Umumnya perempuan cenderung memiliki self esteem yang lebih rendah dibandingkan laki-laki. Hal ini dapat dijelaskan tidak berdasarkan pada kondisi biologis yang menyertai pada laki-laki dan perempuan. Namun lebih dikarenakan  adanya faktor budaya yang ikut berperan pada pembentukan self esteem pada individu,yaitu adanya budaya masyarakat yang dikenal dengan bias gender. Laki- laki lebih memiliki kelonggaran dalam mengekspresikan segala keinginannya, dan sebaliknya perempuan memiliki beberapa keterbatasan dalam mengekspresikan keinginannya. Menurut Basow (1992), masyarakat lebih menghargai perempuan yang melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan peran nurturing atau pengasuhan, sementara laki-laki memiliki keharusan untuk mendapatkan hal-hal yang lebih dibanding perempuan.

Hasil penelitian Radford (1988), bahwa jenis kelamin berpengaruh pada prestasi belajar maupun prestasi kerja. Penelitian yang dilakukan Rossenberg (1974), dan Runikasari (1991), menguatkan dugaan adanya pengaruh self esteem terhadap prestasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka peneliti menduga bahwa self esteem dapat berperan sebagai moderator pada pengaruh jenis kelamin terhadap prestasi belajar


Komentar :

Nama :
E-mail :
Web :
Komentar :
Masukkan kode pada gambar


    [Emoticon]

Pengumuman PPMB

Artikel Popular

  • Silabus dan RPP Bimbingan Konseling berkarakter
    27-01-2012 18:06:47  (771)
  • Buku Pribadi Siswa untuk BK
    21-02-2012 23:13:55  (311)
  • Pembuatan Alat Peraga Bimbingan Konseling
    14-03-2012 09:09:01  (214)
  • Tes Karakter Orang
    18-02-2012 04:20:47  (205)
  • Saatnya Mengukur Sendiri Tingkat IQ Anda
    12-02-2012 12:43:11  (203)

Pengunjung

    1279652

PENCARIAN ARTIKEL


SILAKAN KETIK KATA KUNCI DIBAWAH INI

SELAMAT DATANG

Website ini dipersiapkan sebagai wadah saling berbagi keilmuan dan media pembelajaran dari berbagai sudut pandang Psikologi, Manajemen Sekolah, Perkembangan Dunia Pendidikan, Agama, Sosial, Budaya, dan Politik di Indonesia. Untuk Pengembangan website lebih lanjut sangat diharapkan masukan, kritikan dan saran yang sifatnya membangun dari pengunjung tercinta. Semoga artikel yang ada di dalam website dapat bermanfaat untuk kita semua, amin.

Motto Hidup

Torehkan Prasasti Hidup Dalam Wujud Keilmuan

Blog Guru Indonesia

Bookmark and Share

HUBUNGI PENULIS

Bagi pengunjung yang mencari informasi lebih jauh terkait artikel di website ini silakan hubungi kami di 081913042100 atau email ndorodemang@kemenag.go.id Trima Kasih.

Hadir di Facebook

Link Partner