WEB PSIKOLOGI & PENDIDIKAN


MENGUPAS TUNTAS KEILMUAN PSIKOLOGI DAN KEPENDIDIKAN
Pelajar ke Jepang, Usung Batik Sidoarjo

SIDOARJO| SURYA Online-Muhammad Riski Fauzi (16), siswa SMA Negeri 3 Sidoarjo terpilih menjadi salah satu duta pelajar Jawa Timur dalam program Japan East Asia Network of Exchange for Students and Youths (JENESYS) Tahun 2012.

Siswa kelas dua ini akan berangkat ke Jepang awal Maret nanti. Selain  bakal mengenalkan budaya Jawa Timur, ia akan mengusung batik Jetis, produk unggulan kabupaten Sidoarjo.

Riski terpilih berangkat ke Jepang setelah melewati serangkaian seleksi yang digelar Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Jawa Timur, awal Januari 2012. Seleksi diantaranya tes wawancara memakai bahasa Jepang dan bahasa Inggris. Anak ketiga pasangan Suharjono dan Siti Syamsiah ini menyisihkan puluhan pelajar lainnya dari lima kabupaten se-Jawa Timur. “Alhamdulillah, akhirnya saya bisa lolos,” ucapnya,
Kamis (2/2/2012).

Selain lolos tes wawancara, Riski juga memenuhi persyaratan lainnya, yakni tes kepribadian, aktif di organisasi sekolah bidang kerohanian, sebagai anggota Pasukan Kibar Bendera (Paskibra) dan siswa jurusan IPA. Lalu bagaimana dia bisa menguasai bahasa Jepang? Ternyata sejak SMP, Riski memang hobi belajar bahasa negeri matahari terbit itu. “Di sekolah, siswa juga diajari bahasa Jepang,” ucap Kepala Sekolah SMAN 3 Sidoarjo Subagio.

Riski nantinya akan berangkat dengan siswi SMAN 1 Gresik, Jihan Farah Zakia. Untuk persiapan, selain belajar tari khas Jawa Timur, Tari Remo, dia juga akan belajar ikhwal batik Jetis, batik khas asal Sidoarjo. Tidak hanya mengantungkan pada guru sekolahnya, Riski bahkan belajar membatik langsung pada ahlinya, perajin batik Jetis Sidoarjo.

Niat belajar membatik ini diawalinya dengan menemui Nurul Huda, salah satu pengrajin batik Jetis yang sehari-hari menjadi Ketua Paguyuban  Batik Sidoarjo (PABIS), Kamis (2/2/2012). Saat bertemu Nurul Huda, Riski banyak bertanya soal batik Jetis khas Sidoarjo. “Selain dilihat dari bentuk motifnya, juga bisa dilihat dari warnanya yang khas, yakni kebanyakan mencolok,” ucap Nurul Huda menjelaskan sejumlah ciri khas batik Jetis Sidoarjo.

Dalam pertemuan awal ini, Huda sekilas menjelaskan soal motif khas batik Jetis, yakni kembang tebu, beras wutah dan kembang bayem. Di depan siswa ini, Huda menyatakan motif itu penggambaran Sidoarjo tempo dulu. Misalnya motif kembang tebu sebagai penggambaran Sidoarjo yang memilikik ratusan hektar arel perkebunan tebu. Juga motif beras wutah sebagai gambaran Sidoarjo penghasil padi.

Sedangkan kembang bayem, karena dulu, di kawasan Kecamatan Tulangan dikenal sebagai penghasil sayur-mayur, termasuk bayam.

Kata Huda, motif khas itu muncul dan berkembang seiring dengan kemunculan sejumlah perajin batik tulis di kampung Jetis Sidoarjo sekitar tahun 1675 silam. Kala itu, perajin batik mulai membatik setelah ketrampilan  itu dikenalkan kali pertama sejumlah warga yang konon masih keturunan raja Kediri.

sumber http://www.surya.co.id/2012/02/02/pelajar-ke-jepang-usung-batik-sidoarjo


Komentar :

Nama :
E-mail :
Web :
Komentar :
Masukkan kode pada gambar


    [Emoticon]

Pengumuman PPMB

Artikel Popular

  • Silabus dan RPP Bimbingan Konseling berkarakter
    27-01-2012 18:06:47  (777)
  • Buku Pribadi Siswa untuk BK
    21-02-2012 23:13:55  (320)
  • Pembuatan Alat Peraga Bimbingan Konseling
    14-03-2012 09:09:01  (225)
  • Tes Karakter Orang
    18-02-2012 04:20:47  (219)
  • Saatnya Mengukur Sendiri Tingkat IQ Anda
    12-02-2012 12:43:11  (210)

Pengunjung

    1432308

PENCARIAN ARTIKEL


SILAKAN KETIK KATA KUNCI DIBAWAH INI

SELAMAT DATANG

Website ini dipersiapkan sebagai wadah saling berbagi keilmuan dan media pembelajaran dari berbagai sudut pandang Psikologi, Manajemen Sekolah, Perkembangan Dunia Pendidikan, Agama, Sosial, Budaya, dan Politik di Indonesia. Untuk Pengembangan website lebih lanjut sangat diharapkan masukan, kritikan dan saran yang sifatnya membangun dari pengunjung tercinta. Semoga artikel yang ada di dalam website dapat bermanfaat untuk kita semua, amin.

Motto Hidup

Torehkan Prasasti Hidup Dalam Wujud Keilmuan

Blog Guru Indonesia

Bookmark and Share

HUBUNGI PENULIS

Bagi pengunjung yang mencari informasi lebih jauh terkait artikel di website ini silakan hubungi kami di 081913042100 atau email ndorodemang@kemenag.go.id Trima Kasih.

Hadir di Facebook

Link Partner